Audit oh Audit

hoho, audit? yaps salah satu hal menakutkan buat gw, kenapa karena gw paling benci hal ini. ketika audit semua beberes layaknya  Obama akan datang, sumpah dah, beneran pada sibuk rapih2, kenapa coba? dont know?
yah, audit yang gw lalui ini namanya audit halal dari MUI, kenapa halal? karena gw kerja di perusahaan makana, cuma kadang suka aneh sama orang Indonesia, gw kerja di Pabrik tepung terigu yang belum terkenal, dan gw akan membuat tempat ini terkenal,hoho ngarep.com. sampe tahap ini thu ga gampang, perjalanannya berdarah2, lebay kan menurut lw, menurut gw mah kagak. gw ceritain deh dari awal

awalnya neh tempat nyewa konsultan karbitan, yang kerjanya ga jelas, jadilah gw yang ketiban sial, makan kerjaan sisa yang ternyata progressnya ga jelas, mulai gw handle. haha
dari bikin username di CEROL (sertifikat halal online) dan username ga adalah : anadolu mayang, padahal gw maunya mah faisal ganteng tapi apa blh buat.

terus kita harus upload berbagai dokumen, sperti dokumen bahan baku, flow proses, matrix dan sebagainya, apakah akan mulus buat dapetin neh sertifikat? kalo beruntung bakalan cepet, tapi kalo amal perbuatan atasan lw (bukan gw yak) kurang yah banyak batu sandungan dimana batu sandungan ini nanti yang akan membuat lw pinter.
c konsultan itu selalu bilang “tunggu notifikasi sal” yah gw tunggu2 sampe ayu ting-ting nemu alamatnya juga ga kan dapet, ternyata ada masalah di sistem sana, data gw ga bs di proses, mulailah tiap hari nelpon. dibantu orang baik gw sebutin ya

1. Ibu Mulyorini : beliau selalu membalas email gw, padahal gw dodol banget disuruh lengkapin matrix karena format gw salah men, cuma gw kan ga tau, yah gw minta contohnya eh dikirimin, sumpah baik banget, beruntunglah suami dan anak2nya (loh apa hubungannya? terus gw harus bilang wow sambil koprol? yaeyalah, sekarang susah buat minta tolong ke instansi pemerintah makanya pas gni pandangan gw terhadap instansi pemerintah agak bergeser

2. ada ibu juju yang memandu gw ngisi SJH

3. ada pak Aang yang bantuin gw jadwalin audit sampe ngasih tau apa yang mesti disiapin :

“”””Untuk keperluan tersebut perusahaan diminta mempersiapkan dokumen teknis dan administratif yang berkaitan dengan proses auditing sebagai berikut :

1.Penjemputan auditor (2 Orang) dilakukan di Kantor LPPOM MUI di kampus IPB Baranang Siang, Jl. Raya Pajajaran Bogor, jam 08.00 WIB.

2.Bagan alir proses (manual proses)

3.Spesifikasi untuk masing-masing bahan baku dan bahan tambahan

4.Dokumen pembelian bahan-bahan dua bulan terakhir

5.Contoh bahan baku dan produk akhir berikut kemasan

6.Pada saat audit berlangsung produk-produk yang didaftarkan supaya proses produksi-nya sedang berlangsung

7.Presentasi pelaksanaan Sistem Jaminan Halal

8.Menyiapkan bukti tertulis pelaksanaan Sistem Jaminan Halal di tiap bagian departemen terkait

9.Tim auditor halal internal dari tiap bagian departemen terkait.

10.Menyiapkan dokumen update (Manual SJH update, Lap.Berkala/Audit Internal Report, Daftar bahan dan Matriks). “””””
dan akhirnya setelah penantian sekian lama, besok tanggal 3 oktober 2012 gw bakalan audit mamen, yeyeye, sudah ga tidur 2hari nyiapin semuanya, tapi gw seneng mamen soale ilmu baru buat gw, hahahahah

sekian dulu ya curhatannya, mau bact to prepare lagi

 

salam

Faisal Rahmat

QaQc and RnD Head

keep going, keep praying, and leave your worry to the God (Nurtjahjo Surjosuparto)

2 thoughts on “Audit oh Audit

  1. boleh share donk…… Laporan audit yang dibuat seperti apa. Sebab saya sekarang dalam proses sertifikasi halal. Oia… Apa saja yang diaudit waktu itu? Terima kasih

    • untuk laporan audit itu kita tidak membuat mba, hanya nanti ada resume audit dari LPPOM. untuk yang diaudit itu mulai dari bahan baku, matrixnya harus lengkap COA dan sertifikat halalnya. jangan lupa pendaftaran material ke LPPOM dilampirkan, abis itu liat proses produksinya dan kondisi ruangan tempat produksi. semoga membantu

Leave a Reply

